Senin, 24 Desember 2012

Tinjauan Umum Teknologi Informasi Dalam Budaya - elfa



TINJAUAN UMUM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BUDAYA 

for Soft skills Subject - Elina Fatmawati - 1 EA 28 - 18212181


Pengertian Teknologi dan Budaya


            Jika kita melihat dua suku kata di atas. Mungkin yang terlintas dalam benak kita, teknologi berhubungan dengan sesuatu yang terkini, modern dan slalu berkembang, sedangkan budaya erat kaitannya dengan kehidupan tradisional suatu bangsa. Atau mungkin yang lainnya? ( yah bisa jadi,  wkwk)
Borobudur temple from my camera
Pada dasarnya pengertian “Teknologi”  adalah sebuah perkembangan dari alat –alat yang bermanfaat bagi manusia, sedangkan Informasi adalah hasil olahan sebuah data yang digunakan untuk kondisi tertentu. Dari pengertian kedua kata ini kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi adalah subuah pengembangan suatu alat yang dapat memberikan (menghasilkan) informasi tertentu yang berguna untuk manusia.
Sedangkan “Budaya” memiliki makna yang lebih lugas, disamping berarti sebuah effect dari kelakuan yang dilakukan berulang – ulang. juga dapat berarti sebuah tata, seni dan juga olahan yang diciptakan dan diterapkan oleh orang – orang di suatu negeri, kemudian dilakukan secara turun – temurun sehingga pada akhirnya menciptakan sebuah kepribadian yang memiliki ciri khas tersendiri.

Lalu Bagaimana Pandangan Kehidupan Budaya Mengenai Teknologi Informasi?

viewer that can be seen from the high borobudur temple
            Melihat pengertiannya, mungkin kita memiliki  pandangan berbeda mengenai pandangan kehidupan budaya mengenai Teknologi Informasi. Tapi kita juga dapat pastikan bahwa “Selalu ada hitam dan putih dalam setiap hal” atau “Selalu ada gelap dan terang sebagai pelengkap kehidupan” seperti “Dampak positif dan negative dalam hal yang terjadi”.
            Dalam hal ini kita juga dapat menimbang posisi budaya yang dapat diuntungkan dan juga dapat dirugikan diantara gelombang teknologi yang tak dapat dihindari.
Dampak Positif, antara lain :
  1. Dengan adanya Teknologi Informasi, kehidupan berbudaya akan berfikir bahwa orang – orang dalam negara tersebut seharusnya dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas dan lengkap tentang kehidupan budaya di negaranya sendiri.
  2. Dengan adanya Teknologi Informasi, kehidupan berbudaya akan merasa diuntungkan karena dapat dikenal ciri khasnya yang berbeda dari pada negara lain. Dan sesungguhnya bagi kehidupan berbudaya ini adalah kesempatan untuk menunjukan pada dunia tentang adanya budaya yang indah tersimpan di suatu negara.
  3. Dengan adanya Teknologi Informasi, kehidupan berbudaya berharap Bahwa mereka mendapat kemajuan di bidang ekonomi. Berupa Orang – orang asing yang semakin tertarik dan kemudian berkunjunng, dan juga quantitas ekspor kerajinan ( hasil kesenian ) semakin bertambah.

Dampak Negatif, antara lain:
  1. Dengan adanya Teknologi Informasi, Kehidupan Berbudaya suatu negara semakin lama semakin terlupakan karena terdominasi oleh kebudayaan negara lain. Mereka juga khawatir generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa menjadi terlalu asyik dengan budaya negara lain yang tidak sesuai dengan adat istiadat setempat. Seperti yang terjadi pada umumnya.
  2. Adanya Contek – mencontek budaya, seperti kasus negara dengan negara ataupun  para manusia yang melakukan “copy-paste”.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan perkembangan Teknologi Informasi terhadap Budaya Bangsa, tapi yang pasti kita seharusnya selalu waspada dan tak pernah lengah, mengambil yang baik dan membuang yang buruk serta selalu pada jalur yang benar.

“Teknologi boleh kemana saja yang ia suka, tetapi budaya indah tetap di hati  kita”
“Kita berbeda, untuk memberi warna di kehidupan ini”
“Patutnya kita menghargai perkembangan dunia”
“Patutnya pula berbangga dengan perbedaan yang indah”
“Hei!! Setiap pribadi punya pola warna yang lebih indah dan beda”
“Mengapa harus meniru yang lain? Mengapa harus terbawa arus?”
(Elfa)


2 komentar:

  1. Great :)
    eh* pict nya diambil pas perpisahan kelas 3 sha_chi ya ? #sotoy

    BalasHapus
  2. enggak kok, kalau waktu smp ku belum boleh ikut tour kaya gitu ma ortu, ni waktu lulusan smkn 2..:) hehe

    BalasHapus